Cari Resep Masakan di Blog Ini

Jumat, 03 Oktober 2014

Resep Masakan Coto Makassar Enak

Resep Coto Makassar, awal postingan ini akan saya isi dengan resep masakan coto makassar, makanan khas dari sulawesi selatan, makasar ini, memang banyak dijumpai diwarung-warung jalanan yang menyediakan makanan makassar. Kebanyakan memang mempunyai rasa yang sama, hanya saja setiap bumbu tambahan yang dipakai pembuat punya perbedaan tentang rasa dari masing-masing bumbu. Bagi beberapa pelaku usaha kuliner, masakan ini sudah menjadi Resep Masakan Sehari-hari.

Resep Coto Makassar Enak



resep masakan coto makassar


Inti dari bahan coto makassar ialah daging sapi, lalu ditambah dengan jeroan sapi, seperti hati, paru, jantung, babat, dan usus. Kemudian bumbu kuah coto menggunakan perpaduan antara sejumlah rempah-rempah dan kacang tanah yang digiling dan sudah digoreng. Rasa dari coto makassar memang bergantung oleh bumbu kuahnya.

cara membuat coto makassar


Racikan rempah-rempah yang terdapat dari 40 macam dimasak dikuali dalam tanah liat yang disebut dengan uring butta atau korong butta. Dalam jenis kuali yang dipergunakan untuk memasak coto juga dapat mempengaruhi rasa dari coto tersebut. 40 macam rempah yang digunakan adalah: kacang tanah, cengkeh, kemiri, lengkuas, serai yang sudah ditumbuk, merica, bawang putih, bawang merah, ketumbar merah, jintan, ketumbar putih, laos, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun bawang, daun kunyit, daun seledri, cabai hijau, cabai merah, asam, gula talla, garam, kayu manis, pepaya muda sebagai pelembut daging, dan yang terakhir kapur sebagai pembersih jeroan. Dari sekian rempah-rempah yang disebutkan, selain sebagai penunjang rasa khas coto, katanya juga bisa sebagai penetralisir kolestrol didalam jeroan.

Coto makassar biasanya disajikan dengan ketupat ataupun burasa memakai sambal taoco. Oleh sebab itu,a da banyak orang menduga jika coto makassar dipengaruhi dari makanan Cina. Ada lagi yang mengatakan bahwa makanan ini sudah ada sejak jaman Somba Opu dari kerajaan Gowa pada abad ke 15.

Bahan Membuat Coto Makassar


1- 500 gram daging sapi.
2- 500 gram babat, rebus hingga matang.
3- 300 gram hati sapi rebus sampai matang.
4- 200 gram jantung sapi rebus matang.
5- 5 batang serai memarkan.
6- 4 sendok makan lengkuas memarkan.
7- 2 centi meter jahe memarkan.
8- 5 lembar daun salam.
9- 250 gram kacang tanah digoreng, haluskan.
10- 2,5 liter air cuci beras/tajin.
11- 1 sendok makan bumbu kaldu bubuk rasa sapi.
12- 6 sendok makan minyak sayur.

Bumbu yang dihaluskan:
1- 10 siung bawang putih.
2- 8 butir kemiri disangrai.
3- 1 sendok makan ketumbar disangrai.
4- 1 sendok teh jintan disangrai.
5- 1 sendok teh garam.
6- 1 sendok teh merica butiran.

Pelengkap:
1- bawang goreng.
2- irisan daun bawang dan irisan seledri.
3- sambal taoco.

Haluskan:
1- 10 bawang merah.
2- 5 siung bawang putih.
3- 10 cabai keriting direbus sebentar.
4- 100 gram taoco ditumis menggunakan 6 sendok makan minyak sayur sampai matang, haluskan masukkan gula merah dan garam.

Cara Membuat Coto Makassar


1- Rebus daging sapi, hati, jantung, babat.
2- Masukkan lengkuas, serai, salam dan jahe masak hingga matang, angkat dan tiriskan.
3- Potong dadu Jerohan sapi matang dan sisihkan.
4- Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan ke kaldu, lalu masukkankan kacang tanah goreng, didihkan.
5- Terakhir, persiapkan mangkuk. Isi dengan daging, disusul jerohan beri kuahnya, taburkan bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri, tambahkan dengan buras dan sambal taoco.

Itulah informasi resep coto makassar yang bisa saya sajikan. Ikuti terus blog masakan ini untuk mengetahui updatan terbaru.
thumbnail
Judul: Resep Masakan Coto Makassar Enak
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Masakan Kuah :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. About - Privacy - Disclaimer - Sitemap - Contact
Template Seo Elite oleh Bamz