Cari Resep Masakan di Blog Ini

Selasa, 28 Oktober 2014

Cara Membuat Martabak Tipker

Makanan martabak adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang banyak diminati bagi masayarakat kita. Ada banyak sekali variasi martabak yang bisa Anda jumpai, namun pada umumnya rasa yang paling banyak dicari adalah martabak manis dan martabak asin. Semuanya tergantung dari selera si pembeli, ada satu lagi martabak yang tidak kalah enak dan akan saya bagikan yaitu resep masakan martabak tipker yang nikmat di lidah. Bagaimana cara membuatnya? Silakan ikuti terus artikel ini.

resep masakan martabak tipker

Bahan yang dibutuhkan:
1- tepung terigu 125 gram.
2- gula pasir 30 gram.
3- tepung beras 75 gram.
4- santan encer 325 mL.
5- baking powder 1 sendok teh.
6- soda kue 1 sendok teh.
7- telur 2 butir.
8- air 50 mL.
9- garam 1 sendok teh.

Bahan Taburan:
1- keju parut 50 gram.
2- coklat mesis 50 gram.
3- kacang sangria 50 gram, cincang.
4- susu kental manis 50 mL.

Cara membuat martabak tipker:
1- Campur bahan tepung beras, tepung terigu, baking powder dan gula pasir. Ambil wadah berbentuk cekung dan taruh santah didalamnya. Masukan tepung dan aduk hingga rata. Diamkan kira-kira 30 menitan.
2- Telur dikocok, masukan air, garam dan soda kue, kemudian aduk merata. Campur dengan tepung menjadi satu, aduk rata.
3- Panaskan wajan khusus martabak bergaris tngah 22 cm diatas api sedang. Tuangkan 1 sdm sayur (kurang lebih 50mL) adonan pada wajan. Kemudian putar-putar adonan hingga menutupi seluruh permukaan dan pinggiran wajan.
4- Tutup wajan dan kecilkan api, masak hingga adonan terlihat setengah matang. Taburkan keju parut ke seperempat permukaan adonan dan juga pada bagian sebelahnya menggunakan coklat manis dan kcang sangria. Susu kental manis dibubuhkan pada atas yg sudah di bubuhi keju, kacang dan coklat. Tutup sebentar adonan hingga matang.
5- Buka tutupan, bagian yang tidak ditaburi dicongkel hati-hati, lipat 2 diatas bagian yg ada taburanya. Beri tekanan pelan diatasnya supaya mengerat satu sama lain, diamkan sebentar, dan keluarkan martabak. Potong membentuk segitiga atau sesuai selera dan martabak tipker siap disantap.

Resep dari femina.

Anda baru saja membaca artikel tentang resep masakan martabak tipker. Lihat juga artikel resep lainnya resep masakan kebuli dan jangan lupa untuk berkunjung kembali.
thumbnail
Judul: Cara Membuat Martabak Tipker
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Masakan Lain :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. About - Privacy - Disclaimer - Sitemap - Contact
Template Seo Elite oleh Bamz